Flowchart
Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam dua bentuk, yaitu
bentuk tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dalam bentuk tulisan
memiliki struktur bahasa tertentu, misalnya bahasa inggris atau bahasa
Indonesia ataupun pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode
pemrograman yang sesungguhnya seperti pascal, atau C, sehingga lebih tepat
digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada
pemrogram. Sedangkan algoritma yang disajikan dengan gambar, misalnya dengan
flowchart.
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan
dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan
simbol-simbol yang setiap simbolnya menggambarkan proses tertentu. Sedangkan
antara proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan flowchart
akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan
dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas
untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim sebuah proyek.
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang
bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan hasil pemikiran dalam menganalisa
suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat
bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lain.
Namun secara
garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:
1.
Input,
berupa bahan mentah
2.
Proses
pengolahan, dan
3.
Output,
berupa bahan jadi.
Untuk
pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan
suatu masalah, yaitu:
§ Start, berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan
sebelum menangani pemecahan persoalan.
§ Read, berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan
input
§ Process, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan
dengan data yang dibaca
§ Write, berisi instuksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan
input
§ End, mengakhiri kegiatan pengolahan.
Ada dua macam flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer,
yaitu :
1.
Flowchart
sistem, yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan
prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file di dalam media
lain, dalam suatu sistem pengolahan data.
2.
Flowchart
Program, yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan
proses dan hubungan antar proses secara mendetail di dalam suatu program.
Dibawah
ini contoh notasi flowchart.
Bila seorang analis dan programmer akan membuat
flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:
1.
Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari
kiri kekanan.
2.
Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara
hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3.
Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara
jelas.
4.
Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan
menggunakan deskripsi kata kerja.
5.
Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang
benar.
6.
Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan
harus ditelusuri dengan hati-hati.
7.
Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang
digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor
harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau
hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
8.
Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Berdasarkan bentuknya, flowchart terdiri dari 3 struktur:
1. >>> Struktur
sederhana / sequence structure
Yaitu diagram atau flowchart yang alurnya mengalir secara berurutan
dari atas ke bawah, atau dengan kata lain tidak adanya pengulangan atau
percabangan.
Contoh : flowchart dari algoritma untuk mencari luas persegi
panjang.
2. >>> Struktur
percabangan / branching structure
Yaitu flowchart yang alurnya terjadi / terdapat alih kontrol berupa
percabangan. Flowchart jenis ini digunakan untuk menyeleksi kondisi dan
menentukan pilihan proses selanjutnya.
Contoh : flowchart algoritma menentukan apakah suatu bilangan yang
dimasukkan ganjil atau genap.
3. >>> Struktur
perulangan / looping structure
Flowchart yang memiliki pengulangan langkah- langkah tertentu yang
telah ada sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh : flowchart menentukan 15 suku ganjil pertama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar