Rabu, 03 September 2014

Pengertian Dan Macam - Macam simbol Flowchart Serta Fungsinya


Flowchart
Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam dua bentuk, yaitu bentuk tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dalam bentuk tulisan memiliki struktur bahasa tertentu, misalnya bahasa inggris atau bahasa Indonesia ataupun pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sesungguhnya seperti pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma yang disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart.
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol-simbol yang setiap simbolnya menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim sebuah proyek.
Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lain.
Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama,   yaitu:
1.      Input, berupa bahan mentah
2.      Proses pengolahan, dan
3.      Output, berupa bahan jadi.
Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu:
§  Start, berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan.
§  Read, berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input
§  Process, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan dengan data yang dibaca
§  Write, berisi instuksi untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan input
§  End, mengakhiri kegiatan pengolahan.
Ada dua macam flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer, yaitu :
1.      Flowchart sistem, yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file di dalam media lain, dalam suatu sistem pengolahan data.
2.      Flowchart Program, yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses dan hubungan antar proses secara mendetail di dalam suatu program.
Dibawah ini contoh notasi flowchart.       
       

Bila seorang analis dan programmer akan membuat flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:
1.      Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
2.      Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
3.      Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
4.      Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja.
5.      Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
6.      Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang digambarkan harus ditelusuri dengan hati-hati.
7.      Percabangan-percabangan yang memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
8.      Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Berdasarkan bentuknya, flowchart terdiri dari 3 struktur:
1.     >>> Struktur sederhana / sequence structure
Yaitu diagram atau flowchart yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah, atau dengan kata lain tidak adanya pengulangan atau percabangan.
Contoh : flowchart dari algoritma untuk mencari luas persegi panjang.
2.     >>> Struktur percabangan / branching structure
Yaitu flowchart yang alurnya terjadi / terdapat alih kontrol berupa percabangan. Flowchart jenis ini digunakan untuk menyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya.
Contoh : flowchart algoritma menentukan apakah suatu bilangan yang dimasukkan ganjil atau genap.
3.     >>> Struktur perulangan / looping structure
Flowchart yang memiliki pengulangan langkah- langkah tertentu yang telah ada sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.
Contoh : flowchart menentukan 15 suku ganjil pertama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar